22 Oktober 2012

Rexy Mainaky Pulang Kampung


Setelah lama berkiprah di dunia bulutangkis luar negeri, akhirnya juara Olimpiade Atlanta 1996, Rexy Mainaky kembali ke tanah airnya, Indonesia dong.

Rexy merupakan peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996. Ketika itu dia berpasangan dengan Ricky Subagja. Rexy merupakan satu dari sekian banyaknya mantan atlet bulutangkis Indonesia yang melatih di negeri orang. Tentunya mereka melakukan itu bukan tanpa alasan. Mereka merasa kalau di negeri sendiri mereka tak diperhatikan, tapi ketika di negeri orang disambut bak pahlawan.

Rexy pensiun pada tahun 2001 yang juga bersamaan dengan rekannya Ricky. Rexy lalu terbang ke Inggris untuk melatih disana dan menetap selama 4 tahun.

Siapa sangka? Ternyata bulutangkis Inggris yang tidak diperhitungkan sebelumnya mampu membuat gebrakan dengan meloloskan ganda campurannya, Nathan Robertson/Gail Emms ke final bulutangkis Olimpiade Athena 2004, meski hanya berhasil membawa pulang medali perak. Rexy-lah yang menjadi aktor dibelakang mereka berdua.

Lalu pada tahun 2005, bulutangkis Malaysia meminta Rexy untuk melatih di sana. Dalam waktu singkat pun Rexy dapat melahirkan salah satu ganda putra kuat sejagat, yaitu Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Mereka menjadi momok yang menakutkan bagi ganda Indonesia, alasannya karena pelatih mereka adalah Rexy Mainaky yang merupakan mantan pemain ganda Indonesia. Sedangkan pelatih ganda Indonesia adalah Christian Hadinata yang tak lain tak bukan adalah pelatih Rexy ketika masih aktif menjadi atlet. Tentunya Rexy sudah hapal dengan strategi yang ditetapkan oleh pelatihnya itu.

Dan tahun 2012 ini, Rexy menjadi pelatih di Filipina. Rencananya dia akan kembali ke Indonesia dan akan menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi di kepengurusan PBSI untuk periode 2012-2016.

Memang belum pasti sih, tapi semoga aja ya jadi ni keputusan. Moga-moga aja dengan keputusan ini, bulutangkis Indonesia akan kembali menjadi salah satu kekuatan bulutangkis dunia.



INDONESIA.....INDONESIA.....

0 komentar :

Posting Komentar